13 Fakta Menarik Mobil Toyota Kijang Grand Extra
Minggu, 25 November 2018
Tambah Komentar
Toyota Kijang Grand Extra merupakan mobil keluarga yang termasuk tipe mpv yang dahulu sudah banyak melalangbuana dijalanan Indonesia, bahkan sampai sekarang mobil ini masih digunakan oleh beberapa orang. Beberapa orang terutama di pelosok dan pedesaan terkadang masih menggunakan mobil ini sebagai transportasi. Mobil pabrikan toyota ini memang dikenal handal, walaupun sudah dimakan usia mobil ini masih kuat melibas medan-medan berat seperti tanjakan dan jalan berbatu. Sampai saat ini mungkin kita masih bisa melihat suara raungan mesin Kijang Grand saat nanjak di pegunungan. Ciri khas bodi yang kotak membuat mobil ini disenang kaum jaman dulu, karena dapat muat banyak. Sudah 20 tahun lebih Kijang menemani kluarga indonesia, mulai kijang kotak hingga kijang inova yang modern. Jika kalian penggila mobil kijang. berikut beberapa fakta-kijang grand yang bisa menambah pengetahuan kalian.
1 | Kijang diproduksi pertamakali pada tahun 1977, kijang yang pertama berupa truk pickup ringan kompak yang ditenagai oleh mesin 1200 cc 3K dengan transmisi manual empat tingkat. Ada juga vairan pickup lain dengan bodi belakang dan atap.
2 | Kijang pertama kali memasuki pasar Indonesia pada 9 Juni 1977. Itu adalah truk pickup kotak yang disebut KF10 bermesin sama dengan Corolla 1972. Selain itu mobil ini juga dijuluki "Kijang Buaya" karena kap mesinnya mirip mulut buaya saat dibuka. Mobil Kijang KF10 menjual 26.806 unit hingga tahun 1981, sebelum akhirnya digantikan oleh Kijang generasi kedua.
3 | Kijang generasi kedua diproduksi pada tahun 1981 sampai 1986 dengan seri F20 dan 30. Kijang KF20 mempertahankan gaya kotaknya meskipun panel bodinya berbeda. Dijejali mesin 4K 4 liter lalu diganti pada bulan Desember 1985 dengan 1.5 liter 5K. Sedangkan seri 30 diproduksi di Filipina yang diberinama Tamarraw.
4 | Kijang generasi ketiga diproduksi tahun 1986 - 1996 berseri kijang F40 dan F50. Beberapa diantaranya termasuk Kijang Grand Extra, Kijang GRX, dan Kijang LGX.
5 | Grand Extra merupakan kelas atas model jangkauan dari model kijang kotak. Dengan AC blower ganda, pintu dan kursi yang dilapisi suede, velg alloy, power steering, power mirror, power window, tachometers, sistem audio dengan tape dan radio.
6 | Kijang Grand Extra merupakan perbaikan dari kijang super yang diproduksi tahun 1992-1996, terutama pada bagian mesin yang mencapai 1800cc.
7 | Kapasitas mobil Kijang Grand extra bisa mencapai 9 orang. 2 orang di depan, 3 orang ditengah dan 4 orang di belakang dengan gaya kursi seperti angkot.
8 | Dengan 5 percepatan dan 1500cc kijang tiipe ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 63 hp. Sehingga masih bandel walau menaiki tanjakan 45 derajat.
9 | Kijang Grand Extra merupakan satu satunya mobil bebas dempul pertama di jamannya. Pembuatannya dengan cara dipress dengan cetakan baja seberat 1500 ton. Sehingga bebas dari retakan dan warna chasis lebih cerah.
10 | Chasis mobil ini ada 2 jenis yaitu SGX dan LGX. SGX memiliki chasis yang lebih pendek sedangkan LGX untuk versi chasis panjang.
11 | Kijang grand diproduksi oleh 3 karoseri yaitu Nusa Cendana Harum, Superior Coach, Nasmoco Auto Body.
12 | Ada 2 varian mesin Kijang Grand Extra yaitu 1800 cc (7K 1786 cc) dan 1500 cc (5K 1486 cc). Dimana 1500 cc lebih irit dari 1800 cc, namun 1800 cc tetap lebih bertenaga.
13 | Di Indonesia Toyata Kijang Grand Extra dijual dikisaran 40 sampai 60 juta rupiah.
Baca juga 17 Fakta Mengejutkan Mobil Mitsubishi Expander
Belum ada Komentar untuk "13 Fakta Menarik Mobil Toyota Kijang Grand Extra"
Posting Komentar